PENGERTIAN GLOBALISASI


Apa sih yang di maksud dengan globalisasi? 



Kita sering sekali mendengar kata globalisasi, bahkan kita juga sering mengira-ngira tentang sesuatu yang merupakan sebab akibat dari adanya globalisasi. Nah lantas apakah kalian semua tau,apa yang di maksud dengan globalisasi itu sendiri? 

Globalisasi atau dalam bahasa Inggris globalization atau globe, artinya mendunia atau bola dunia. Berdasarkan asal bahasanya, globalisasi berusaha mengupayakan keadaan politik, ekonomi, sosial dan budaya yang bersifat lokal menjadi berskala dunia internasional.

Globalisasi dalam kamus sosiologi (2012:78) globalisasi diartikan sebagai suatu proses dimana antar individu,antar kelompok dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait dan mempengaruhi satu sama lain yang melintas batas negara.

Globalisasi juga dapat di definisikan sebagai proses menyatunya masyarakat dunia yang bersifat umum(global), yang batas- batas antar negara luluh sehingga peralihan aspek-aspek kehidupan antar negara berjalan cepat. 

Nah dari banyak nya pengertian atau pendapat dari berbagai pemikiran, globalisasi juga dapat di simpulkan sebagai berikut: 

Globalisasi merupakan suatu proses ketika semua orang di dunia dapat terhubung satu sama lain baik dari segi budaya, adat, kebiasaan, ekonomi, dan sebagainya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia. 

Itu tadi penjelasan dari globalisasi,semoga bermanfaat 


Sumber: https://m.mediaindonesia.com/humaniora/508257/apa-yang-dimaksud-globalisasi-pengertian-dampak-positif-negatif-dan-contoh
Buku sejarah peminatan ilmu-ilmu pengetahuan sosial SMA/Ma kelas XII 

https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fi2.wp.com%2Fasysyariah.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2015%2F09%2FGlobalisasi-Ilustrasi.jpg%3Ffit%3D870%252C488%26ssl%3D1&tbnid=UDKgjy81pAB6iM&vet=1&imgrefurl=https%3A%2F%2Fasysyariah.com%2Fglobalisasi-menghancurkan-generasi%2F&docid=kjicSIPkT5XDAM&w=870&h=488&itg=1&hl=in-ID&source=sh%2Fx%2Fim%2Fm5%2F

Penulis: 
NUR ZULIATIN


Komentar

Postingan Populer